Optimalisasi JDIH Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara, Ajmal: Sultra Kategori Hijau

Anggota Bawaslu Sultra Ajmal Arif saat memberi arahan dalam kegiatan Optimalisasai Pengelolaan JDIH Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Tenggara secara daring, Senin (17/01/2022)/Foto: Humas Bawaslu Sultra

Kendari, Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tenggara Dalam rangka memaksimalkan penyelenggaraan tugas dan fungsi pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Bawaslu Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara, Bawaslu Sultra adakan kegiatan Optimalisasai Pengelolaan JDIH Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara secara daring, Senin (17/01/2022).

Koordinator Divisi Hukum, Humas, Datin Bawaslu Sultra Ajmal Arif menjelaskan ada 2 (dua) kategori yang menjadi objek penilaian Bawaslu RI terkait JDIH dimasing-masing Provinsi yakni hijau dan merah. JDIH Bawaslu Sultra masuk dalam kategori JDIH warna hijau, hal ini menandakan JDIH Bawaslu Sultra pengelolaannya aktif.   

“Kegiatan optimalisasi pengelolaan JDIH Bawaslu ini merupakan kegiatan yang pertama kali yang dilakukan di tahun 2022 ini, sehingga kita bisa diskusi untuk melakukan evaluasi kekurangan di tahun sebelumnya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum, Humas, Datin Bawaslu Sultra Rezky Olivia Weryana Abunawas menyampaikan tujuan kegiatan ini yakni untuk meningkatkan koordinasi antara sesama anggota JDIH Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara dalam mengumpulkan dokumen yang berkaitan dengan JDIH.

“Berdasarkan Pasal 4 ayat (3) Perbawaslu Nomor 7 tahun 2020,  Dokumen Hukum dan Informasi Hukum (DHIH) Bawaslu Kabupaten/Kota yang dapat diupload di JDIH Bawaslu terdiri atas beberapa poin, diantaranya putusan penanganan pelanggaran administrasi pemilu, putusan penyelesaian sengketa, surat keputusan, surat edaran, nota kesepahaman, perjanjian kerja sama, kajian hukum serta DHIH yang berkaitan dengan pelaksanaan TWK di Bawaslu Kabupaten/Kota,” terangnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini diikuti oleh Koordinator Divisi HPP Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara, Koordinator Sekretariat serta Staf pengelola JDIH Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara.

Penulis/Editor: Humas Bawaslu Sultra

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*